Kamis, 11 Oktober 2018

Review Jurnal Internasional MSDM


REVIEW JURNAL INTERNASIONAL
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SOFTSKILL)

                            Judul Jurnal                 Effect of Job Enrichment on Employee Motivation in Selected Private Universities in South-West Nigeria
Jenis Jurnal                  International Journal of Development Research
Penulis                         Sanda, A.O., Asikhia, O.U and *Magaji, Nanle,
Volume                       : 5
Edisi                            : 11
Tahun                          : November 2015
Reviewer                     : Risty Islamiyanti
NPM                           : 26215083
Tanggal                       : 10 Oktober 2018
Sumber:                       : https://www.journalijdr.com/sites/default/files/issue-pdf/4237.pdf


Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari pengayaan pekerjaan (Job Enrichment) terhadap motivasi karyawan di perguruan tinggi swasta di Nigeria dan Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara pengayaan kerja dan motivasi karyawan.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah untuk lebih memahami Job Enrichment dan hubungannya dengan motivasi itu dapat memberi dampak postitif.
Hipotesis
Adanya hubungan yang kuat antara motivasi karyawan yang tinggi dengan pengayaan kerja (Job Enrichment)
Pendekatan
Penelitian ini menggunakan desain cross - sectional survey.  
Subyek Penelitian
547 staff non akademik di Universitas Swasta di Nigeria dan dianalisis menggunakan deskriptif Statistik (mean, standar deviasi) dan Analisis Regresi untuk menilai pengayaan kerja dan motivasi.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini teknik yang di gunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah Teknik Kuantitatif. Sebuah desain penelitian survei dikerahkan untuk menilai efek dari pengayaan pekerjaan terhadap motivasi karyawan sehingga dapat memastikan derajat hubungan antara variabel dihipotesiskan. Penggunaan desain penelitian deskriptif adalah yang diperhatikan karena memungkinkan untuk pengumpulan data kuantitatif yang dianalisis secara kuantitatif menggunakan instrumen deskriptif dan inferensial pengumpulan data statistik. Skor diberi kode sangat setuju = 6, setuju = 5, setuju = 4 sebagian, sebagian tidak setuju = 3, tidak setuju = 2, dan sangat tidak setuju = 1. Studi ini telah menggunakan Alpha uji reliabilitas Cronbach untuk mengevaluasi keandalan kuesioner untuk penelitian dan validitas didirikan melalui cara-cara statistik yang sesuai. Analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS.

Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan jurnal ini adalah pembaca dapat mengetahui secara mudah hubungan tentang Job Enrichment dan Motivasi secara positif. Pengayaan pekerjaan juga mendorong motivasi karyawan untuk lebih memajukan kualitas.
Kelemahan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada saran untuk penelitian lebih lanjut.

Kesimpulan menurut Reviewer
Menurut kesimpulan dari pendapat saya, Pengayaan Kerja (Job Enrichment) sangat dibutuhkan dalam setiap perusahaan atau instansi untuk meningkatkan motivasi karyawan agar dapat meningkatkan produktivitas kerja. Temuan ini menunjukkan bahwa pengayaan pekerjaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi karyawan di perguruan tinggi swasta yang dipilih di Nigeria. Temuan ini lebih lanjut mengungkapkan bahwa pengayaan pekerjaan menyediakan berbagai keterampilan, identitas tugas, merasa penting di mata orang lain, tanggung jawab, tantangan, menyadari yang kompetensi, kebebasan, partisipasi dalam pengambilan keputusan, umpan balik kinerja dari pekerjaan yang dilakukan, pertumbuhan dan rasa prestasi yang menyebabkan kepuasan staf non akademik. Studi ini telah menambahkan beberapa pengetahuan tambahan untuk lebih memahami hubungan antara pengayaan kerja dan motivasi karyawan di lembaga pendidikan di Nigeria. Dari temuan itu disimpulkan bahwa karyawan termotivasi oleh hal yang berbeda, manajemen seharusnya tidak menyamaratakan strategi motivasi, bukan individu yang harus termotivasi tetapi seperti apa yang akan memotivasi pegawai, mungkin tidak memotivasi karyawan A/B karena setiap karyawan berbeda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar